Ristek Headline |
Thursday, April 17, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Friday, April 11, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Thursday, October 29, 2009
IPTEK VOICE : CNC Router Alat untuk Mengukir Kayu
Print PDF Facebook Twitter Email

<!-- @page { margin: 2cm } PRE { font-family: "Liberation Mono", "Courier New", monospace } P { margin-bottom: 0.21cm } -->

<!-- @page { margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } -->

Seni mengukir kayu memerlukan peralatan dan seni yang tinggi pada umumnya memerlukan pahat dan kayu, siswa SMKN 4 Jakarta menciptakan sebuah mesin untuk mengukir kayu. Untuk lebih jelasnya Agus Martoyo selaku guru pembimbing dan Galang Tegar siswa SMKN 4 Jakart, menyampaikan dalam program radio Kementerian Negara Riset dan Teknologi, IPTEK VOICE yang disiarkan oleh Bahana 101.8 FM, Kamis 28 Oktober 2009 pada pukul 08.00-08.45.

Agus menjelaskan awalnya penemuan mesin ini ingin membuat suatu inovasi-inovasi baru karena selama ini pengrajin menggunakan alat yang manual, mesin router CNC (computerized numerical control) adalah suatu alat yang dapat berfungsi untuk mengerjakan pekerjaan router yang berbasis bahan lunak seperti kayu , tipleks , acrylic , plastic , mdf ( bubuk kayu olahan ). Mesin ini dapat digunakan untuk mengukir kayu, membuat kaligrafi, lukisan grafis, handycraft/souvenir-souvenir. Mesin ini dibuat berdasarkan hasil penelitian dari Tim SMK Negeri 4 Jakarta serta bekerja sama dengan industri. Mesin ini pertama kali dipublikasikan pada saat pameran 100th kebangkitan ekonomi kreativ di JCC 4 Juni 2008. Selain itu, alat ini juga (router) juga sering diikutsertakan di setiap event pameran.

Galang menjelaskan cara pengoperasian mesin CNC router sebelum kita menjalankan mesin,yang pertama adalah kita siapkan dahulu desainnya.Kemudian kita gambar di computer/laptop dengan software corel draw atau CAD/CAM 3D(tiga dimensi) seperti Rhino, AutoCAD atau Autodesk, Vcarve, Simli CAM, BMP to CNC, Master CAM dll. Pada Mesin Router CNC ini,software yang kami gunakan untuk mendesain gambar adalah software VCarve dan untuk mengubah atau mengkonversi desain yang telah kita buat agar dapat dijalankan oleh mesin router CNC kami menggunakan software Mach3.

Fungsi software Mach3 adalah mengubah data gambar ke dalam kode-kode yang dapat diterima oleh mesin. Selain itu juga software Mach3 berfungsi sebagai pengendali dari kerja mesin Router 3 axis (x,y,z). Tahap selanjutnya kita upload file gambar yang sudah kita simpan tadi ke dalam Mach3.Apabila gambar sudah siap dan ter-upload /terpanggil maka kita mensetting dulu posisi benda,menentukan tool/pahat yang sesuai untuk kita gunakan,setelah itu baru mesin siap dijalankan.

Keuntungan menggunakan software VCarve dan Mach3:

  1. Kelengkapan tool yang disediakan lebih baik dan lebih lengkap dibanding software yang sejenis.Misalnya untuk membuat kaligrafi pergerakan router naik turun lebih halus ( smooth ).

  2. Keuntungan Mach3 mempunyai tampilan dalam pengoprasian yang mirip dengan control CNC yang sesungguhnya

  3. Penggunaan dan pengoprasian kedua software tersebut kami rasakan lebih mudah dipahami daripada software yang lain yang sejenis

Keuntungan menggunakan mesin router CNC :

  1. Pengefisienan waktu kerja

  2. Hasil yang kita peroleh dari mesin ini lebih memuaskan serta lebih rapi dibanding kita mengerjakan dengan tangan.

  3. Menghasilkan pola yang sejenis apabila diperintahkan untuk memproduksi secara massal.

Sahabat Iptek...simak terus informasi Iptek yang menarik dan berguna lainnya dari narasumber pakar dibidangnya pada siaran radio IPTEK VOICE setiap Selasa sampai Jumat pukul 08.00-08.45 WIB di Bahana 101.8 FM.IPTEK VOICE "The Sound of Science". (rgp,dw/adpdki)




Wednesday, April 16, 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Wednesday, April 16, 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Monday, April 14, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Tuesday, April 8, 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Tuesday, April 8, 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
Monday, April 7, 2014
Pengukuran TRL di Pusat Unggulan Iptek Kakao
Monday, April 7, 2014
ASEAN Persiapkan Diri untuk Mobilitas SDM Iptek
Monday, April 7, 2014
Kemenristek Hadiri Rakor BPPD Provinsi Jatim
Thursday, April 3, 2014
Kemenristek Dorong Konsorsium Pembangunan Satelit Penginderaan Jauh
Thursday, April 3, 2014
Rapat Koordinasi Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 Dalam Rangka Penguatan Teknologi Industri
[ Berita lainnya ]