Ristek Headline |
Friday, April 25, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Friday, September 11, 2009
Sosialisasi dan Simulasi Pelaksanaan RUU Administrasi Pemerintahan
Print PDF Facebook Twitter Email

Dengan meningkatnya pemahaman substansi dalam kegiatan Administrasi Pemerintahan di Indonesia, maka pada Kamis, 10 Sepetember 2009 bertempat di Jakarta, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara telah mengadakan “sosisalisasi dan simulasi penerapan RUU Administrasi Pemerintahan” yang terkait dengan proses kerja pemerintahan.

Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Jusuf Hariri, selaku Asisten Deputi Menpan Bidang Tatalaksana mewakili Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, yang dalam sambutannya mengharapkan agar dengan pertemuan ini, dapat memberikan kontribusi dan harmonisasi yang mendalam sehingga RUU ini dapat segera di selesaikan dan disyahkan serta di implementasikan dalam kegiatan Pemerintahan yang bersih dari KKN, tidak sewenang-wenang. responsif, dapat dipercaya, profesional, demokratis, transparan dan bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan publik.

Pertemuan dihadiri oleh sekitar 50 orang wakil  instansi pemerintah  terkait dari seluruh Indonesia, dan dalam kesempatan ini Kepala Biro Hukum dan Humas, Anny Sulaswatty beserta staf, hadir mewakili Kementerian Negara Riset dan Teknologi.   Para narasumber yang ahli didalam bidang Hukum Administrasi Negara, seperti Guntur Hamzah dari Universitas Hasanudin dan Eko Prasojo dari Universitas Indonesiai  serta Santer Sitorus  selaku Hakim Tinggi PT. TUN Jakarta memaparkan Isi RUU dari sudut bidang masing-masing.

RUU yang dalam perjalanannya telah mengalami beberapa revisi ini, lebih didasarkan kepada Asas Kepastian Hukum dan Asas-asas umum Pemerintahan yang Baik (AUPB). Seperti dipaparkan lebih lanjut oleh Guntur Hamzah, bahwa dalam RUU ini harus mengandung asas-asas yang memberikan fungsi Jaminan dan Perlindungan Hukum kepada warga masyarakat dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh Pejabat Negara.

Selanjutnya menurut Eko Prasojo, Fungsi jaminan dan perlindungan hukum tersebut di atas, tentunya berjumlah cukup apabila tidak dibarengi dengan upaya-upaya nyata dalam melaksanakan RUU ini nantinya. Ada dua kunci yang dikandung oleh RUU ini, pertama, RUU ini harus mengatur Prosedur Administrasi Pemerintahan yang professional, artinya setiap keputusan yang dibuat pejabat negara harus didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang matang dan terlepas dari benturan/konflik kepentingan pribadi. Kedua, untuk terwujudnya koordinasi dan harmonisasi tugas-tugas administrasi pemerintahan, maka diperlukan suatu Bantuan Kedinasan yang diberikan dari satu Badan atau Pejabat Administrasi Pemerintahan yang satu kepada yang lainnya untuk efisiensi dan efektifitas pembuatan dan pelaksanaan keputusan/tindakan administrasi pemerintahan.

Selain Asas dan fungsi jaminan seperti yang telah dipaparkan di atas, perlulah diingat hal yang paling penting bahwa,  suatu perundang-undangan akan berjalan, jika terikat oleh adanya sanksi. Dalam ilmu hukum suatu peraturan tiada berarti jika tidak adanya sanksi di dalamnya. Hal senada juga dipaparkan oleh  Santer Sitorus.

Hakim Tinggi PT. TUN ini menegaskan bahwa unsur sanksi juga harus diakomodir di dalam RUU ini. Pentingnya sanksi dimaksud tidak terlepas dari tanggung jawab Aparatur Negara dalam membuat keputusan/tindakan yang dianggap melanggar, atau sewenang-wenang.

Pertemuan yang diakhiri dengan buka puasa bersama ini mengharapkan RUU ini segera diundangkan sehingga dapat menjadi panduan dan pedoman dalam penyelenggaraan administrasi  pemerintahan yang baik.(Humasristek)



Tuesday, April 22, 2014
Menristek Kunjungi LPA Lapan Kototabang
Tuesday, April 22, 2014
PP-IPTEK Rayakan Ke-23 Tahun Eksistensinya Dalam Pembudayaan Iptek
Tuesday, April 22, 2014
HUT ke-23 PP-IPTEK
Tuesday, April 22, 2014
Sosialisasi Kode Etik Penelitian di Universitas Jember
Tuesday, April 22, 2014
Free Access Jurnal Ilmiah Internasional bagi LPNK-RISTEK
Monday, April 21, 2014
Peningkatan Kapasitas SDM Iptek Melalui Program Jenesys 2.0
Wednesday, April 16, 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Wednesday, April 16, 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Monday, April 14, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Tuesday, April 8, 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
[ Berita lainnya ]