Ristek Headline |
Kamis 31 Juli 2014
 
 

ASTW 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Rabu 16 Juli 2014
Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Asdep Jaringan Penyedia Dengan Pengguna dan Menristek

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Selasa 18 Agustus 2009
Mengembangkan Energi Berbasis Jarak di Pedesaan Kab OKU Timur
Print PDF Facebook Twitter Email

Sebagai upaya membudayakan penggunaan jarak pagar sebagai energi alternatif, Kementerian Negara Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Pemerintah Kab OKU Timur, BPPT dan Balai Agroteknologi Terpadu Palembang BPPT mengadakan kegiatan pelatihan budidaya jarak dan penggunaan kompor jarak. Kegiatan yang dilakukan di pabrik Biodiesel, desa Tumi Jaya, Kecamatan Jayapura, pada hari Kamis, 13 Agustus 2009. Kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan rapid assesment dan sosialisasi pemanfaatan jarak pagar di beberapa pedesaan di Kab OKU Timur pada tanggal 13-15 Agustus 2009. Kegiatan dilakukan di desa Kota Baru Selatan, desa Suko Mulyo, desa Tumijaya, desa Batu Marta, dan Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah.

Sebelumnya, Plt. Deputi Perkembangan Ristek, M. Nur Hidayat bertemu dengan Wakil Bupati Kab. OKU Timur, H. M. Kholid Mawardi di Aula Bina Praja pada hari Rabu, 12 Agustus 2009. Acara ini dihadiri 20 Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kecamatan se-OKU Timur.

Dalam acara pelatihan penggunaan kompor jarak dilakukan demonstrasi penggunaan biji jarak sebagai bahan bakar rumah tangga. Dengan konsumsi 200 gr biji jarak pagar kupas, kompor dapat menyala 1 jam lebih dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Selain itu, kompor berbahan bakar jarak pagar ini memiliki beberapa keunggulan antara lain ramah lingkungan, biji jarak mudah ditanam, dan harga kompor yang murah. Penggunaannya yang relatif mudah dan tidak berbahaya, diharapkan dapat menjadi alternatif pengganti kompor berbahan bakar fosil. Dengan sekitar 70 tanaman jarak pagar per rumah, satu keluarga dapat mencukupi kebutuhan energi sehari-hari dengan kompor jarak pagar. Pelatihan juga mencakup pembibitan jarak pagar, termasuk pula pemeliharaan tanaman dan pemanfaatan lain dari tanaman jarak. Pelatihan pembibitan ini diberikan oleh Balai Agroteknologi Terpadu Palembang.

Survei yang dilakukan terhadap peserta pelatihan, pengetahuan pemanfaatan biji jarak di rumah tangga dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk kembali menanam jarak pagar setidaknya di pekarangan rumah. Melalui pendekatan sosial yang berkelanjutan, kondisi dan potensi pemanfaatan jarak pagar di masyarakat dapat dikembangkan untuk mendukung program pengembangan energi alternatif di Kab OKU Timur. Meningkatnya penggunaan jarak pagar di setiap keluarga diharapkan mendorong  pertumbuhan produksi jarak pagar di masyarakat, sekaligus mendorong tumbuhnya ekonomi berbasis jarak pagar. Pertumbuhan produksi jarak pagar yang tinggi di masyarakat diharapkan akan mendorong optimalisasi pabrik biodiesel.

Tim yang dipimpin oleh Deputi Perkembangan Riptek ini dibantu oleh Sudirman dan Tekad dari Balai Agroteknologi Terpadu Palembang, Yenrizal dari IAIN Radan Fatah Palembang, dan Bambang Heru dan Sutopo dari Balai Besar Teknologi Energi, BPPT. Dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi adalah Agus R Hoetman, Dadit Herdikiagung, Zulyani H, Jajang Hasyim dan Latifah. (ad-pbipt/dep-dm/humasristek)



Kamis 17 Juli 2014
Menristek Resmikan Workshop Fasilitas Pilot Plant Riset Baterai Lithium
Senin 14 Juli 2014
Menristek Hadiri Peresmian RS Pusat Otak Nasional
Selasa 08 Juli 2014
Sinkronisasi Kebijakan, Program dan Pendanaan Iptek 2015-2019
Senin 07 Juli 2014
Buka Puasa Bersama : Mari Kita Tingkatkan Keimanan dan Pengabdian Kita
Senin 07 Juli 2014
DWP Kemenristek Serahkan Santunan Pendidikan
Jumat 04 Juli 2014
Pengembangan Teknologi Transportasi Multiguna Pedesaan Hasil Konsorsium Riset
Jumat 04 Juli 2014
Peresmian Bio Center Plant dan Ground Breaking Unit Produksi Enzim PT Petrosida Gresik
Kamis 03 Juli 2014
Pengembangan Industri Perdesaan Berbasis Sumber Daya dan Produk Lokal Ternak Ruminansia Kecil dalam Wadah Konsorsium
Selasa 01 Juli 2014
Kemenristek Dorong Penguatan Jaringan Riset dalam Pengembangan Energi Alternatif di Kota Surakarta
Selasa 01 Juli 2014
Indonesia - Iran: Dua Negara Islam Bersahabat yang Berkomitmen untuk Melaksanakan Penelitian dan Produksi Iptek Bersama
[ Berita lainnya ]