Ristek Headline |
Rabu 04 Maret 2015
 
 

Ristek TV

Hasil Seleksi CPNS 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Senin 23 Februari 2015
NAM STI Ministerial Conference in Tehran, Iran

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum

RUP
BERITA KEGIATAN RISTEK
Jumat 16 Januari 2009
PERAN AKTIF INDONESIA DALAM FORUM UNESCO
Print PDF Facebook Twitter Email
Tresna Dermawan Kunaefi, sebagai Duta Besar/Wakil RI untuk UNESCO yang baru, mengadakan kunjungan kehormatan kepada Menristek, Kusmayanto Kadiman pada hari Kamis, 15 Januari 09 di Ruang Rapat lt. 24 Gd. II BPPT. Dalam kunjungannya, Dubes RI UNESCO didampingi oleh Ketua Harian UNESCO di Indonesia, Arief Rachman,; Deputi Bidang Program RIPTEK, Teguh Rahardjo, serta perwakilan DIKNAS dan RISTEK.

Pada pertemuan tersebut, Arief Rachman menyampaikan apresiasi terhadap peran aktif Menristek pada sidang ke-34 General Conference (GC) UNESCO 2007, serta mengharapkan partisipasi Delegasi Indonesia dalam sidang ke-35 GC-UNESCO di Paris, 6-23 Oktober 2009.  Diinformasikan bahwa Indonesia berperan aktif pada beberapa organ bawahan UNESCO seperti (a) International Governmental Council of the International Programme for the Development of Communication (IPDC), (b) Intergovernmental  Council for the Information For All Programme (IFAP), (c ) International  Coordinating Council for the Programme on Man and the Biosphere (MAB), (d) Council of the Management of the International Hydrological Programme (IHP).  Upaya Indonesia lainnya dalam forum UNESCO adalah mentargetkan daerah konservasi keanekaragaman hayati Indonesia, seperti 'Raja Empat', 'Bunaken', 'Bandar Iskandar' dan “Kepulauan Derawan”, untuk diakui dalam kategori 'World Heritages'.

Dalam pengarahannya, Menristek menginformasikan program-program Iptek Indonesia yang terkait dengan program UNESCO, yaitu pengembangan (1) Science & Technology Park (Taman Iptek); (2) Intergovernmental Oceanographic Commision (IOC), serta (3) optimalisasi kerjasama Iptek Selatan-Selatan - melalui International Science and Technology Innovation Center (ISTIC) yang berbasis di Malaysia. Menristek juga menginformasikan rencana perhelatan Iptek Internasional 2009, seperti 'Indian Ocean Waves' – simulasi gempa Tsunami di negara-negara sepanjang Samudra Hindia, yang berpotensi terkena ancaman bencana dan 'World Ocean Conference (WOC)' di Menado, 11-15 Mei 09.  Pelaksanaan kegiatan Iptek Internasional di Indonesia pada tahun ini, dimaksudkan untuk meyakinkan dunia bahwa Indonesia tetap merupakan tempat pilihan yang menarik dan aman bagi komunitas Iptek Internasional.

Terkait dengan saran dan masukan untuk kinerja UNESCO di masa yang akan datang, Menristek menyarankan untuk mengkaji kontribusi iuran keanggotaan Indonesia pada forum-forum Iptek Internasional dan manfaatnya bagi Indonesia.  Untuk itu perlu adanya upaya agresif peneliti Indonesia untuk mendapatkan dana litbang dari hibah Internasional, agar keanggotaan tersebut tidak sia-sia.  Disamping itu, juga diperlukan peningkatan kesadaran  setiap individu bangsa, untuk lebih mencintai dan mempromosikan produk Iptek Indonesia pada forum Internasional, guna mendongkrak jumlah kerjasama Iptek Internasional. (ADKRI/humasristek)


Sabtu 28 Februari 2015
Menristekdikti Hadiri Peresmian JK Center of Technology
Kamis 26 Februari 2015
Rakornas Kemenristekdikti 2015
Senin 16 Februari 2015
PT Honda Donasikan Mobil untuk Riset dan Edukasi
Jumat 13 Februari 2015
Menristekdikti Dorong Mahasiswa Bidikmisi Unmul Berprestasi Tinggi
Jumat 13 Februari 2015
Menrisetkdikti Kunjungi Universitas Mulawarman
Kamis 12 Februari 2015
Menristekdikti Luncurkan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Kesehatan Indonesia
Selasa 10 Februari 2015
Menristekdikti Tinjau Politeknik Negeri Batam
Selasa 10 Februari 2015
Menristekdikti Dukung Pengembangan Sekolah Formal Jurnalisme
Selasa 10 Februari 2015
Menristekdikti Launching Sampoerna School System
Minggu 01 Februari 2015
Menristekdikti Tandatangani Kerjasama dengan PBNU
[ Berita lainnya ]