Ristek Headline |
Sunday, April 20, 2014
 
 
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Friday, April 11, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum



RUP TA 2012
BERITA KEGIATAN RISTEK
Thursday, June 21, 2007
Kunjungan ke Kawasan Industri Jababeka
Print PDF Facebook Twitter Email

Dalam upaya pengembangan President Reseach Center (PRC) di Jababeka sebagai Unit Penelitian, Business Technology Center (BTC) dan Pusat Open Source Software (POSS) yang bertujuan. Keberadaan PRC bertujuan untuk intermediasi komunikasi antara penghasil teknologi (technology provider) dengan pengguna teknologi (technology user), sehingga sebagai lembaga riset PRC dapat berdaya guna untuk mensosialisasikan dan mengkomersialisasikan hasil teknologi yang dibutuhkan industri.

Untuk lebih mengetahui keperluan teknologi suatu industri Kementerian Negara Riset dan Teknologi (Ristek) bekerjasama dengan Kawasan Industri Jababeka melakukan company visit´┐Ż yang dilakukan beberapa hari yang lalu.

Delegasi dari Ristek beserta LPND BPPT, LIPI dan Batan diterima Jababeka yang diwakili oleh President University di dalam ruang auditorium di lantai 5 di gedung President University, dan dilanjutkan berkunjungan ke industri PT Adyawinsa Dinamika, yaitu perusahaan yang mendapatkan pesanan atau order outsourcing dari Philips. Di tempat itu rombongan dari Ristek diterima oleh pihak Adyawinsa Group yang diwakili oleh Bapak Anshar Muchtar sebagai Plant Manager, yang juga memberikan kepada penjelasan mengenai kompetensi production site kepada rombongan. Kegiatan di production site mereka adalah berfokus pada bidang Luminaire (menerima outsourcing dari Philips) dan perlengkapan penunjang bagi Telkom (menara, dudukan instalasi, dsb.).

Kelompok kedua melakukan kunjungan ke PT Aftech Rand Perkasa yang kompetensinya adalah manufacturing, pabrkasi dan perdaganagn barang. Dalam kunjungan ini dilakukan pembicaraan kemitraan antara Direksi PT. Aftech dengan peneliti Batan mengenai penelitian bersama tentang keilmuan bahan. Tujuan penelitian untuk mencari alternatip solusi subtitusi bahan import ke bahan lokal.

Selain dari itu juga dilakukan kunjungan ke PT Bumi Polymas Industries yang kompetensinya adalah Aluminium Foil Insulation.

Selanjutnya kedua kelompok bergabung bersama mengadakan kunjungan ke lokasi penjernihan air, Jababeka sebagai pengelola kawasan memberikan keterangan proses pengelolaan kebutuhan air industri serta upaya pelestarian lingkungan melalui waste water treatment.

Hal yang didapatkan dalam Compani Visit ini yaitu saling mengenal dan mengetahui kebutuhan teknologi bagi industri yang selanjutnya membuka peluang hasil inovasi hasil riset oleh LPND untuk dapat dimanfaatkan oleh industri.

Tindak lanjut dari kerjasama ini tidak tertutup kemungkinan akan muncul gagasan-gagasan untuk kelanjutan kegiatan yang akan diusulkan oleh para pihak dari LPND kepada RISTEK, yang hendaknya dapat mempersiapkan diri sebagai fasilitator bagi para pihak ini kepada dunia industri. (ad-ddi)



Wednesday, April 16, 2014
DWP Kemenristek Kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
Wednesday, April 16, 2014
Menumbuhkembangkan Daerah Berinovasi dan Bisnis Inovatif Usia Muda
Monday, April 14, 2014
DWP Kemenristek Dukung Program Tanam dan Pelihara Sejuta Pohon
Tuesday, April 8, 2014
Sosialisasi dan Pengukuran Technology Readiness Level di Jawa Tengah
Tuesday, April 8, 2014
Kerjasama Iptek RI-Jerman: Implementasi Iptek untuk Mendukung Pembangunan Nasional
Monday, April 7, 2014
Pengukuran TRL di Pusat Unggulan Iptek Kakao
Monday, April 7, 2014
ASEAN Persiapkan Diri untuk Mobilitas SDM Iptek
Monday, April 7, 2014
Kemenristek Hadiri Rakor BPPD Provinsi Jatim
Thursday, April 3, 2014
Kemenristek Dorong Konsorsium Pembangunan Satelit Penginderaan Jauh
Thursday, April 3, 2014
Rapat Koordinasi Undang-Undang Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 Dalam Rangka Penguatan Teknologi Industri
[ Berita lainnya ]