Ristek Headline |
Tuesday, September 23, 2014
 
 

Seleksi Calon Kepala LIPI

CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Thursday, December 5, 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Tuesday, September 9, 2014
Menristek Kunjungi Fasilitas Riset Lembaga Eijkman

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Friday, June 15, 2007
WORKSHOP PENGEMBANGAN PROGRAM PUSAT PERAGAAN IPTEK DI GRAHA TEKNOLOGI PALEMBANG
Print PDF Facebook Twitter Email
Workshop sehari dengan tema ā€œPengembangan Program Pusat Peragaan Iptekā€ telah selesai dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2007 di Aula Graha Teknologi, Palembang Sumatera Selatan. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Negara Riset dan Teknologi dengan pihak pengelola Graha Teknologi, yang bertujuan meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia khususnya bagi pengelola Graha Teknologi.
Kegiatan diawali dengan laporan Kepala Graha Teknologi Dra. Gemalia Hartatika yang menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan Workshop ini. Dilanjutkan sambutan oleh wakil dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi yaitu Ari Hendrarto, M.Si yang menggarisbawahi 3 (tiga) peran Institusi dalam mempertahankan keberadaan sebuah Science Center di daerah. 1) Dinas Pendidikan setempat yang diharapkan dapat mengagendakan kunjungan sekolah-sekolah ke Science Center. 2) Kementerian Negara Ristek mengkoordinir keberadaan Science Center di Indonesia dan mendorong daerah-daerah lain untuk mendirikan Science Center sebagai sarana pembelajaran Iptek luar sekolah. 3) Graha Teknologi yang diharapkan mampu menginisiasi program-program pembelajaran Iptek luar sekolah yang dibutuhkan dunia pendidikan di Sumatera Selatan.

Kegiatan ini akhirnya dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Selatan Drs. Dwi Priyono, MM yang pada kesempatan tersebut menyampaikan komitmennya untuk mendorong eksistensi Graha TeknologiĀ  dengan jalan setiap tahun menambah koleksi alat Peraga dan peningkatan kualitas SDM pengelola. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 42 peserta dari berbagai institusi dan elemen yang peduli pendidikan diantaranya Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Selatan, Pendidik dan Pengawas Sekolah, Dosen dari Universitas Sriwijaya, PT. Pertamina serta para pengelola Science Center Graha Teknologi Palembang.

Kegiatan workshop ini menampilkan tiga narasumber dari Pusat Peragaan Iptek TMII yaitu Ibu Yuliarsi Dwi Rahayu, Bapak Iskandar, dan Bapak Karya Subarman. Ibu Yuliarsi dalam presentasinya menyampaikan inisiasi Alat Peraga Iptek yang menekankan masalah inovasi dan pengembangan alat peraga yang bertujuan meningkatkan diversifikasi alat peraga di Science Center. Selain itu Ibu Yuliarsi juga mengedepankan pentingnya pengembangan Program Pusat Peragaan Iptek misalnya dengan membuat Program Science Camp, Kontes Roket Air dsb. agar pengunjung, khususnya para pelajar mendapat lebih banyak pilihan dalam kunjungannya ke Pusat Peragaan Iptek.

Sedangkan Bapak Iskandar lebih menyoroti masalah pentingnya promosi dalam sebuah Pusat Peragaan Iptek yang merupakan bagian penting bagi kelangsungan sebuah Pusat Peragaan Iptek, misalnya dengan melaksanakan Costumer Gathering, Road Show, Visit Promotion Program, Leader Tour, Marketing Public Relation dan Outreach to Mall.Ā  Secara umum dalam presentasi ini, sangatlah dirasakan betapa pentingnya promosi yang efektif baik itu passif promotion maupun actif promotion. Pembicara terakhir, bapak Karya Subarman berbicara mengenai Konsep sebuah Badan Layanan Umum (BLU) dimana Graha Teknologi dapat mempertimbangkan pengelolaannya akan tetap sebagai UPT Daerah seperti saat ini atau berkeinginan menjadi BLU. Lebih lanjut Karya Subarman menyampaikan pentingnya Graha Teknologi untuk ikutserta dalam Asosiasi Science Center tingkat Dunia seperti ASPAC dan ISTC.

Dalam workshop ini muncul keinginan yang kuat untuk membuat sebuah Asosiasi Pusat Peragaan Iptek Indonesia (APPII) sebagai forum kerjasama antar Pusat-pusat Peragaan Iptek yang ada di Indonesia, dimana pihak Graha Teknologi juga telah bersedia untuk menjadi sekretariat asosiasi tersebut. APPII diharapkan dapat terbentuk di awal tahun 2008. Untuk itu pihak PP Iptek TMII dapat segera mulai memikirkan program-program kegiatan APPII secara lebih rinci.(Drh-Ahs/ad-pdki)



Tuesday, September 9, 2014
Menristek Kunjungi Fasilitas Riset Lembaga Eijkman
Friday, September 5, 2014
Menristek Hadiri Acara MP3EI
Wednesday, September 3, 2014
Soft Launching Belitung Timur Taman Pintar
Monday, September 1, 2014
Pengembangan dan Peningkatan Sistem Informasi Iptek Nasioal (SIIN) dan SDM
Friday, August 29, 2014
Kemenristek Dorong Pembentukan Sub Forum Bidang Fokus Energi dan Air di Jawa Barat
Friday, August 29, 2014
Kunjungan Bupati Purbalingga dalam Rangka Perintisan Pengembangan Science Center di Purbalingga
Thursday, August 28, 2014
Membangun Kolaborasi Riset Industri, Universitas dan Pemerintah yang Tepat
Wednesday, August 27, 2014
8 Fraksi DPR RI Setujui RUU Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian
Monday, August 25, 2014
Intermediary Expert Training Untuk Mendukung Sistem Inovasi Nasional (SINas)
Monday, August 25, 2014
ASEAN Berikan Penghargaan pada Pegiat Iptek
[ Berita lainnya ]