Ristek Headline |
Minggu 23 November 2014
 
 

IQE

CPNS 2014
RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 18 November 2014
Kongres ke-2 AFEBI di Universitas Malikulsalleh, Leuksmauwe Aceh

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Rabu 23 Mei 2007
SOSIALISASI PROGRAM AD-PDKI KE BAPEDA KOTA CILEGON
Print PDF Facebook Twitter Email
Tim Promosi AD-PDKI melanjutkan sosialisasi programnya ke Bapeda Kota Cilegon, 16 Mei 2007, diantaranya program Peragaan Iptek Keliling (PIK) , Program Tayangan TV, Media Iptek, Komik, dan Science For All.
Berkaitan dengan program tayangan melalui media, Bappeda Kota Cilegon bersedia sebagai narasumber dalam kegiatan promosi melalui media TV, Radio, dan Media Iptek. Pada tahap pertama, sebagai narasumber talkshow di televisi, khusus mengenai langkah-langkah/kegiatan yang telah dilakukan Pemkot Cilegon dalam pengembangan PERINGATAN DINI gempa, bencana tsunami dan bencana industri, dengan topik Sosialisasi penanggulangan bencana gempa dan Tsunami.

"Disamping merupakan daerah rawan bencana gempa dan tsunami, kota Cilegon juga rawan bencana industri", tutur Pak Sabri Mahyudin, Kasubid. Pengembangan Kawasan Bidang Perencanaan III Bapeda Pemkot Cilegon. Untuk itu, direncanakan Simulasi Tsunami (Tsunami Drill) tahun 2007 akan dilaksanakan di Prop. Banten.

Menjawab Tim AD-PDKI tentang langkah apa saja yang telah dilakukan oleh Pemkot Cilegon dalam rangka sosialisasi penanggulangan bencana gempa, tsunami, dan bencana industri, Sabri menjelaskan Pemkot Cilegon antara lain, (a)bekerja sama dengan pihak swasta/industri dan Rumah Sakit Krakatau Steel, (b)telah melakukan berbagai kegiatan promosi dalam rangka antisipasi bencana tersebut, diantaranya telah menyebarkan 40.000 leaflet (15.000 dari PT. Krakatau Steel dan 25.000 dari Pemda); (c)membuat kajian mengenai sirine tsunami; (d)membuat buku saku untuk mendata peralatan penanganan bencana untuk industri yang ada; (e)mengadakan pelatihan tanggap darurat ke RS Hasan Sadikin; dan (f)seminar untuk penentuan titik-titik evakuasi. Rencananya akan membuat "Benteng Alam" di kawasan Krakatau Steel, yaitu dengan menanam pohon mahoni dan pohon jarak.

Masih dalam rangka sosialisasi melalui media, Bapak Abdul Hakim Lubis, Kepala Bapeda juga mengharapkan bantuan para pakar yang ada di Kementerian Negara Riset dan Teknologi untuk menyusun Juklak atau panduan "PENANGGULANGAN BENCANA gempa dan tsunami" yang dapat menjadi materi mata pelajaran MULOK (muatan lokal) untuk sekolah-sekolah (dari TK hingga SLTA) di daerah rawan bencana di Prop. Banten, yang ke depannya dapat menjadi Mulok untuk sekolah di daerah rawan bencana seluruh Indonesia. Seperti komik atau buku cerita yang memuat pembelajaran untuk TK. Hal ini dikaitkan dengan program Science for all.

Berlanjut ke program Peragaan Iptek Keliling (PIK) dan Pendirian Pusat Peragaan Iptek Daerah (Puspa Iptek Daerah), Pak Sabri, yang saat itu mewakili Bapeda Kota Cilegon tertarik untuk mendirikan Puspa Iptek di Banten, khususnya di Cilegon, karena daerah Cilegon berada di antara Anyer dan Merak. Untuk ke depan akan diusulkan ke Pemkot dan Diknas setempat, semoga mendapat persetujuan dan dukungan, lanjut Pak Sabri.

Tim AD-PDKI juga sempat menyampaikan program IGOS kepada Ka. Bapeda Cilegon, Ibu Rasmi, Bapak Bram, Bapak Topan, dan Bapak Suherman (Dinas LH Cilegon), Bapak Suleman (Kadis Kesehatan Cilegon), serta Bapak Sabri Mahyudin, ST (Kasubid. Pengembangan Kawasan, Bappeda Cilegon). (gs&en/ad-pdki)




Selasa 18 November 2014
Kongres ke-2 Asosiasi Fakultas Ekonomi Bisnis Indonesia (AFEBI)
Jumat 14 November 2014
Hari Nusantara, Menristekdikti Lepas Kapal Riset Baruna Jaya VIII
Jumat 14 November 2014
SNI Award, Indonesia Siap Memenangkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015
Kamis 13 November 2014
Indonesia Diharapkan Jadi Motor Penggerak Ekonomi ASEAN
Kamis 13 November 2014
Konsistensi Layanan Sesuai Standar ISO 9001:2008 di Pusat Peragaan Iptek
Rabu 12 November 2014
E-Voting dan E-Government, Inovasi dalam Dialog Nasional Pelayanan Publik Berbasis Elektronik
Selasa 11 November 2014
Menristekdikti Kunjungi Bapeten
Selasa 11 November 2014
Ministry of Research, Technology and Higher Education Received a Courtesy Call of The Germany Ambassador
Senin 10 November 2014
Menristekdikti Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan
Kamis 06 November 2014
Tiga Tahun Standarisasi Pelayanan LPSE melalui ISO 9001:2008
[ Berita lainnya ]