Ristek Headline |
Jumat 22 Agustus 2014
 
 

ASTW 2014

RUP TA 2014
Iptek Voice
Kamis 05 Desember 2013
IPTEK VOICE DIALOG DAERAH (BALI) : Sistem Monitoring Pajak Daerah - Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah
http://www.ristek.go.id/file/voice/2014/02/iptek-voice-dialog-daerah-(bali)-sistem-monitoring-pajak-daerah-meningkatkan-pendapatan-pajak-daerah.mp3
kategori : Inovasi
Didi Setiadi
Galeri Foto

Selasa 12 Agustus 2014
Penutupan RITECH EXPO 2014

FacebookTwitter

Anggaran Dan Keuangan
MUSRENAS
SAKIP
Info Pengadaan Barang Dan Jasa
Produk Hukum


BERITA KEGIATAN RISTEK
Senin 21 Mei 2007
Sosialisasi Statistik IPTEK di Balitbang DEPTAN
Print PDF Facebook Twitter Email
Tim pelaksana pengumpulan data statistik iptek sektor pemerintah yang dipimpin Asdep Program Riptek Daerah Fajar Suprapto melakukan presentasi dan sosialisasi statistik iptek di Balitbang Departemen Pertanian, pada hari Senin tanggal 14 Mei 2007. Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan unit litbang yang ada di bawah Balitbang Deptan dan dibuka langsung oleh Sekretaris Badan Litbang Deptan Bapak Dr. Haryono.

Pada pertemuan ini dipaparkan dan ditekankan kembali pentingnya kegiatan pengumpulan data statistik iptek melalui survei litbang dalam usaha untuk menyusun statistik iptek nasional yang telah diamanatkan dalam RPJM 2004-2009 dan juga merupakan kebutuhan Regional, Nasional maupun Daerah. Disamping itu disampaikan juga hasil sementara survei litbang Deptan untuk tahun 2006 dan penjelasan mengenai pengisian kuesioner survei litbang.

Balitbang Deptan yang memiliki potensi dan kapasitas penelitian paling besar pada sektor pemerintah yang terlihat dari hasil survei sebelumnya, menyambut baik kegiatan ini dan akan terus bekerja sama dalam survei litbang selanjutnya.

Dalam pengisian kuesioner survei litbang yang telah dilaksanakan selama ini, kesalahan yang sering timbul adalah dalam membedakan anggaran (budget) unit kerja secara keseluruhan dengan belanja (expenditure) kegiatan litbang yang dilakukan. Survei litbang ini yang mengacu pada Frascati manual memang menitik beratkan pada belanja litbang agar dapat dikomparasikan dengan negara-negara lain.

Pada pertemuan ini kesalahan dalam pengisian kuesioner tersebut dapat diklarifikasi dan diharapkan tidak terjadi lagi dalam survei litbang selanjutnya. Disamping itu juga diusulkan agar output kegiatan litbang tidak difokuskan hanya pada makalah ilmiah dan paten saja yang lebih merupakan manfaat akademik, akan tetapi hendaknya juga pada hasil kegiatan litbang yang spesifik dihasilkan oleh litbang tersebut seperti bibit, varitas dari tanaman maupun ternak, dimana manfaatnya secara ekonomi sudah dapat dihitung dan dirasakan langsung oleh masyarakat khususnya petani.

Kegiatan sosialisasi ini selanjutnya akan dilakukan juga pada badan litbang lainnya baik di pusat maupun daerah untuk mendapatkan kesepahaman yang sama dalam menyikapi pentingnya pengumpulan data statistik iptek sektor pemerintah. (mz-adprd)


Selasa 19 Agustus 2014
Simposium Nasional Implementasi Hasil Riset Vaksin
Senin 18 Agustus 2014
Inovasi untuk Komunitas ASEAN yang Lebih Baik
Minggu 17 Agustus 2014
Iptek Bagi Pembangunan Nasional
Rabu 13 Agustus 2014
Seminar Sejarah dan Peradaban Medang–Aspek Perkembangan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Nusantara
Rabu 13 Agustus 2014
Menristek Dapat Pengahargaan Bintang Mahaputra Adipradana
Rabu 13 Agustus 2014
Penutupan RITECH EXPO 2014
Rabu 13 Agustus 2014
Wujud Penghargaan Kemenristek Bagi Pegiat Iptek Tanah Air
Selasa 12 Agustus 2014
Puncak Peringatan Hakteknas ke-19
Selasa 12 Agustus 2014
Seminar Nasional Iptek 2014 : Membangun Ide untuk Kemandirian Pangan, Energi dan Air
Senin 11 Agustus 2014
Musrennas Iptek 2014 : Iptek untuk Daya Saing Bangsa
[ Berita lainnya ]